Nama : Didik
Kelas : 3EA12
NPM : 10208374
Tugas : Review jurnal
Mata kuliah : Metode Riset
REVIEW JURNAL
Tema / Topik : Kepuasaan Konsumen
Judul : Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek
Latar Belakang masalah : Masyarakat modern ditandai dengan aktivitas kerja yang tinggi serta adanya
kesempatan yang sama untuk dapat bekerja bagi setiap orang yang mempunyai
kompetensi tanpa diskriminasi. Aktivitas tersebut berdampak pada semakin banyak
wanita pekerja atau karir yang menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kesulitan
dalam menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga termasuk menyediakan
makanan bagi keluarga.
Masalah : 1. Apa yang membuat konsumen tidak berpindah ke produk lain?
2. bagaimana jika ada merk lain, tetapi harga dan kualitas di atas produk itu?
Tujuan Masalah : 1. karena konsumen sudah percaya terbukti bagus produk itu.
2. konsumen biasanya jika sudah enak memakai produk itu, walaupun harganya mahal dan kualitasnya kurang, dia akan tetap memakai produk itu. karena sudah terbiasa.
Metodologi : penelitian ini menggunakan Identifikasi Variabel dan Model Statistika
Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut,
habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabel
bebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributes
related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related
to the purchase Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausal
antar kedua variabel di atas adalah model regresi berganda ; Y = β0 + β1X1 + β2 X2 +
β3X3 + ε .
Tahapan Penelitian : 1.pengambilan sampel acak sederhana
2. pembagian kuesioner
3. lalu menggunakan skala pengukuran : semantic differensial
Hasil dan Pembahahasan : produk akhir-akhir ini banyak bermunculan dengan berbagai macam nama dan kualitas yang berbeda. tetapi jika konsumen sudah percaya terhadap merek tersebut, dia tidak akan pindah ke merek lain. di karenakan sudah keterbiasaan, dan stock produk itu selalu ada dan mudah di cari dimana-mana.
Kesimpulan : jadi, jika perusahaan tidak mengurangi jumlah produksi produk itu dan menjaga kualitasnya. konsumen tidak akan berpindah ke merek lain.
Kamis, 21 Oktober 2010
Langganan:
Postingan (Atom)