Cari Blog Ini

Jumat, 12 November 2010

Nama : Didik
Kelas : 3EA12
NPM : 10208374
Tugas : Review jurnal
Mata kuliah : Metode Riset
REVIEW JURNAL

Tema / Topik : Kepuasaan Konsumen
Judul : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH
Latar Belakang masalah : Pada dekade terakhir, peningkatan kualitas akan jasa yang ditawarkan semakin mendapatkan banyak perhatian bagi perusahaan. Hal ini disebabkan karena kualitas jasa dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai keunggulan kompetitif. Dengan adanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka dapat menimbulkan suatu loyalitas konsumen, dan berkemungkinan besar menarik konsumen baru. Konsumen yang telah loyal pada suatu produk jasa juga dapat diartikan konsumen tersebut merasa terpuaskan kebutuhan sehingga melakukan pembelian lebih dari sekali.
Masalah : 1. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan asuransi kesehatan yang terdiri dari variabel berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan peserta komersial ?
2. Variabel kualitas pelayanan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan peserta komersial ?
Tujuan Masalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan asuransi kesehatan yang terdiri dari variabel berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan peserta komersial .
2. Untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan peserta komersial.

Metodologi : Data dan variabel :
a. Variable bebas (independent)
b. Variabel Terikat (dependent)
Model : taknik penarikan Sample
Tahapan Penelitian : 1. pengambilan sampel acak sederhana
2. survey ke lapangan
3. evaluasi keseluruhan




Hasil dan Pembahahasan : PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia sebagai badan usaha yang bergerak di sektor jasa khususnya asuransi kesehatan, dituntut untuk dapat menciptakan bisnis dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam upaya tetap unggul untuk persaingan jangka panjang dengan menawarkan janji berupa jaminan kepastian dalam pelayanan kesehatan bagi nasabahnya. Menurut Ali (1999:115), asuransi kesehatan mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan manusia. Asuransi kesehatan meliputi bidang yang luas dimana seseorang memperoleh penggantian untuk perawatan rumah sakit, biaya pengobatan dan pengantian atas kehilangan penghasilan yang diakibatkan oleh penyakit atau kecelakaan.

Kesimpulan : jadi, untuk mengevaluasi betapa pentingnya kualitas pelayanan pada perusahaan asuransi sebagai salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan bagi nasabah yang nantinya akan berpengaruh pada kelangsungan hidup perusahaan maka perlu dilakukan penelitian dengan judul “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar